TPA Banjarsari, Inovasi Dari Limbah Jadi Berkah

Mungkin kebanyakan warga Kabupaten Bojonegoro sudah mengenal TPA Banjarsari. Hingga banyak media-media baik lokal maupun luar kabupaten yang meliput. TPA Banjarsari sendiri telah meraih penghargaan Top 99 dan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2016 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Akan tetapi tidak sedikit pula yang masih belum tahu seperti apa isinya.

Ya, TPA Banjarsari adalah Tempat Pembuangan Akhir sampah yang terletak di Desa Banjarsari Kec. Trucuk Kab. Bojonegoro. Yang menarik di TPA Banjarsari ini, bukan hanya sebagai tempat pembuangan akhir sampah. Akan tetapi juga sebagai “TPA WISATA EDUKASI”.  Di TPA ini sampah-sampah yang semula adalah sesuatu yang tidak berguna, di sini “disulap” hingga menjadi sebuah bahan bakar yang bisa dipakai dan memiliki nilai jual.

tpa-banjarsari-inovasi-dari-limbah-jadi-berkah2
Murid-murid dari SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro sedang belajar bagaimana memproses sampah daun kering menjadi sebuah kompos di TPA Wisata Edukasi Banjarsari.

Banyak masyarakat dari kabupaten maupun luar kabupaten yang berbondong-bondong untuk datang kesini. Tak jarang juga para pelajar sekolah juga datang berkunjung ke TPA Wisata Edukasi Banjarsari. Kita bisa belajar bagaimana proses pemilahan sampah organik dan anorganik. Kemudian cara pengolahan sampah yang sudah dipilah-pilah tadi menjadi kompos serta bahan bakar minyak dan gas.

tpa-banjarsari-inovasi-dari-limbah-jadi-berkah3
Papan informasi pengolahan sampah TPA Banjarsari, yang berisi keterangan lama sampah terurai

Dra. Nurul Azizah MM, Kepala Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Bojonegoro,  memberikan pengarahan bahwa pentingnya menjaga kebersihan dan bagaimana cara mengolah sampah tersebut menjadi sebuah berkah.

Menurut penuturan beliau, keberadaan TPA Banjarsari sendiri berangkat dari bagaimana menyelesaikan sumber masalah sampah yang kerap dipandang berkaitan dengan kotor, bau, penyakit, banjir, polusi.

Tapi dengan adanya TPA Wisata Edukasi Banjarsari ini, bisa menjadikan sampah-sampah itu tersebut menjadi sesuatu yang punya nilai jual dan menguntungkan.

Oleh : KakRizal.com – Blogger Bojonegoro

Baca Juga Dari Penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.