Pesona Texas Bojonegoro, Kilang Minyak Terbesar di Indonesia

Bojonegoro terletak di bagian pedalaman dataran utara Jawa, di tepi Sungai Bengawan Solo (sungai terbesar di Jawa). Seperti sebagian besar Pulau Jawa, Bojonegoro didominasi dengan pemandangan sawah padi.

Di daerah Bojonegoro, Sungai Bengawan Solo saja menjadi potensi pengairan dari utara sampai timur. kondisi musiman seringkali sangat kontras. Pada musim hujan, hujan akan turun hampir setiap hari sedangkan pada musim kemarau, hujan tidak akan datang selama berbulan-bulan, menyebabkan kekeringan dan kekurangan air meluas.

Bojonegoro berbatasan dengan: Sebelah utara: Kabupaten Tuban Sebelah Timur: Kabupaten Lamongan Sisi Selatan: Madiun, Nganjuk dan Kabupaten Jombang Sisi barat: Ngawi dan Blora (Jawa Tengah).

Sedangkan, Kabupaten Bojonegoro memiliki banyak obyek wisata yang menarik, yang biasanya dikunjungi oleh banyak orang di hari libur. Daerah ini di dukung dengan luas areal geografis yang baik dan baik dari pegunungan, sehingga Bojonegoro menjadi salah satu pemasok pariwisata daerah Propinsi Jawa Timur. Kabupaten Bojonegoro memiliki banyak tempat-tempat wisata seperti wisata alam, wisata buatan, wisata budaya.

waduk pacal bojonegoro

Waduk Pacal adalah Waduk warisan Belanda yang dibangun tahun 1933, wilayah waduk ini adalah sekitar 3,878 km dengan kedalaman 25 meter. Selain fungsi utamanya untuk mengairi lahan pertanian di Kabupaten Bojonegoro, juga nyaman untuk dikunjungi. Terdapat pemandangan yang indah, di sini juga menyediakan dermaga perahu dan daerah penangkapan, yang menjadi daya tarik wisatawan waduk Pacal yang terletak sekitar 35 km selatan kota Bojonegoro dengan transportasi umum atau seseorang kendaraan, maka pengunjung atau wisatawan bisa tiba di tempat ini dengan mudah.

waduk bojonegoro

Waduk Pacal memiliki luas 3.878 kilometer dan kedalaman 25 km merupakan waduk Belanda yang dibangun pada tahun 1933 dan air disertai dengan panorama alam dan hutan jati menarik. Agenda wisata waduk Pacal yang diadakan setiap bulan Oktober ulang tahun Kabupaten Bojonegoro, adalah ritual “Larung Sengkolo” dan “Jasman Waranggono Tayub” untuk menyatakan “wisuda Waranggono Tayub”.

Waduk Pacal ini juga mendukung dengan beberapa fasilitas seperti cottage, arena memancing, perahu, kios, dll Pengembangan waduk Pacal diarahkan untuk transportasi, akomodasi, telekomunikasi dan fasilitas obyek wisata lainnya. Obyek wisata ini juga cocok untuk memancing dan kano.

Merupakan sumber api alam yang menyala sepanjang tahun. dan terletak pada posisi yang sangat strategis yaitu dikelilingi oleh hutan-hutan yang dilindungi dan bebas dari pencemaran polusi. selain sumber api abadi di kayangan api juga terdapat mata air yang konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Anehnya air ini dari jauh berbau tetapi setelah mendekat baunya itu hilang dan dari jauh air ini kelihatang seperti air mendidih tetapi kalau kita sudah mengambilnya maka air tersebut terasa dingin dan sejuk. Konon, menurut suatu cerita rakyat, keampuhan lokasi Kayangan Api telah dirasakan semenjak pemerintah Maha Prabu Angling Dharma (Sri Aji Dharma) dari Malawapati, yang melatih para prajurit Malawapati di lokasi Kayangan Api tersebut.

Bahkan, ada beberapa pusaka Malawapati yang ditempa di Kayangan Api, termasuk pusaka-pusaka andalan Kerajaan Malawapati dan Kerajaan Bojonegoro pada zaman Hindu madya di masa silam. Meskipun benar tidaknya cerita tersebut belum diketahui secara pasti, Serat Astra Dharma yang saat ini tersimpan di salah satu museum terkenal di Belanda, dapat menjelaskan bahwa hal tersebut benar-benar nyata. Serat yang ditulis pada masa Raja Astra Dharma alias Prabu Purusangkana, ayahanda kandung Prabu Angling Dharma (putera Prabu Kijing Wahana, suami Dewi Pramesthi) yang legendaris tersebut. Apabila Serat Astra Dharma tersebut dapat dikembalikan ke Indonesia, dapat diketahui dengan pasti bagaimana silsilah raja-raja Malawapati, Yawastina, dan Mamenang yang bersumber dari satu asal yaitu Prabu Parikesit, raja Hastinapura dari India.

pemandian dander

Next ke selatan kota Bojonegoro sekitar 13 km, ada obyek wisata alam dan obyek wisata buatan, tepat di desa Dander, Dander distrik, yang terkenal dengan Tirtawana, Tirta Wana Air dan makna yang berarti bahwa Hutan. Ini berarti bahwa ada air di hutan. Tirta Wana Dander adalah obyek wisata yang memiliki penuh panorama alam yang sangat indah, karena ada banyak pohon-pohon besar dan teduh juga tanaman tropis yang membuat udara menjadi sejuk dan segar. Di sini telah dibangun kolam renang yang sangat luas, yang terdiri dari dua bagian, sebelah barat adalah untuk perempuan dan anak kemudian sisi timur adalah untuk orang dewasa. Karena keindahan alam dan kesejukan udara, maka pada liburan, wisatawan sering mengunjungi Tirtawana Dander.

Tirtawana Dander juga dilengkapi dengan tempat untuk bermain, berkemah, lapangan golf untuk yang memiliki hobi untuk bermain golf. Para pengunjung datang ke objek wisata ini adalah untuk bersantai, berenang, atau bermain golf.

Tempat ini memiliki geografis yang unik karena alam yang segar. kolam renang ini diambil dari sumber air alami yang sangat bersih dan jelas sehingga kita akan merasa segar jika kita mandi dalam jajak pendapat ini.

Ada peralatan mendukung beberapa, seperti; toilet, mengambang, papan lompat, taman bermain, tempat tinggal, kios, ruang pertemuan, lapangan golf, camping ground, dll.

Taman Tirta adalah kolam renang obyek wisata yang sangat strategis, karena yang terletak di kota Bojonegoro, tepatnya di WR. Supratman Street. Untuk masyarakat Bojonegoro dan wisatawan lain, yang ingin bersantai, menghilangkan stres, renang, dan taman bermain, tempat ini merupakan objek wisata paling sesuai untuk dikunjungi.

Oleh : Stanley Natanael

Baca Juga Dari Penulis

Comments

Loading...