Penjara Jaman Belanda Yang Terabaikan

Apa yang ada di benak kita ketika melihat bangunan ini? “Seram dan Angker” Apalagi jika bangunan itu berada di tengah sawah yang sekitarnya terdapat pohon-pohon besar yang makin memberikan kesan menyeramkan.

Bangunan ini dulunya adalah sebuah penjara yang di bangun oleh Pemerintah Belanda yang berada di Desa Mojoranu Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Pada masa kepemimpinan Bupati Djojonegoro kurang lebih tahun 1828, Belanda sengaja membangun penjara ini untuk mengawasi gerak-gerik Bupati Djojonegoro. Dimana pada waktu itu pendopo kabupaten berada kurang lebih 1 km di sebelah timur bangunan penjara ini. Dengan begitu akan sangat mudah bagi Belanda untuk selalu mengawasi roda pemerintahan pada waktu itu.

Pada sekitar  tahun 1990-an, bangunan ini masih dipergunakan untuk tahanan titipan, akan tetapi sekarang keberadaannya sungguh tidak terawat bahkan bisa dikatakan rusak. Atap sudah tidak ada hanya tinggal badan bangunan saja yang masih tersisa, dan ditumbuhi tanaman liar.

Haruskah bangunan ini dibiarkan begini saja tanpa ada tindakan apapun? Bukankah ini juga aset sejarah untuk daerah?

Semestinya bangunan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, mumpung masih ada sisa bangunan yang bisa diselamatkan, jika nantinya sudah runtuh tak ada lagi yang bisa kita ceritakan ke generasi penerus tentang sejarah yang pernah ada di kota Bojonegoro.

Baca Juga Dari Penulis

Comments

Loading...