Pelajar Desa Dari Bojonegoro Raih Medali Bergengsi OSN

Bojonegoro, Terlahir di desa tak membuat M. Sochib Maulana pelajar kelas X Sekolah Menengah Atas Model Terpadu (SMA MT)  Bojonegoro berhasil meraih medali perunggu di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN)  tingkat pelajar Sekolah Menengah Atas  yang digelar di Palembang tanggal 15-21 Mei 2016 beberapa waktu lalu.

Hari ini,Selasa (16/8) Remaja yang akrab dipanggil Sochib ini menghadap Bupati Bojonegoro di rumah dinas karena berhasil mengharumkan nama Bojonegoro ditingkat Nasional. Penghargaan ini menjadi motivasi tersendiri bagi Sochib meski terbilang baru, namun kemampuannya tak bisa dipandang sebelah mata.

Medali perunggu di ajang OSN ini diraih diajang kompetensi bidang study Geografi setelah menyisihkan 84 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Putra bungsu dari pasangan Basuki dan Insriwahyuni asal desa Siwalan Kecamatan Sugihwaras ini menyatakan bahwa pelajaran geografi sudah mendarah daging, terlahir sebagai anak buruh tani membuat Sochib lebih deket dengan alam. Baginya sawah, tanah, dan alam telah menjadi kisah yang menemani perjalanan hidupnya.

Sochib memang anak desa namun keinginan dan semangat untuk belajar berbuah manis dengan berhasil lolos ditingkat Kabupaten kemudian masuk diajang OSN nasional. Sochib menuturkan diajang itu dirinya mengerjakan beberapa soal kemudian juga praktek lapangan, salah satunya menentukan peta dari hasil citra satelit kemudian di kaji. Sochib menuturkan keberhasilannya ini tak lain karena kerja kerasnya yang tak letih belajar dan rajin ibadah ditambah dengan doa kedua orang tuanya. Dia berharap kedepan bisa melanjutkan di perguruan tinggi yang konsen dengan ilmu geografi.

Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto dalam kesempatan pertemuan dengan generasi emas Bojonegoro ini menyampaikan agar tak berpuas diri dengan prestasi yang berhasil diraih. Jadikan prestasi ini untuk semakin giat belajar mengasah kemampuan diri.

Baca Juga Dari Penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.