Cerita Irvan dan Alvin

IRVAN & ALVIN, Mereka adalah kakak beradik, yang tiga tahun lalu dititipkan oleh seseorang kepada saya. Ayah mereka telah meninggal saat mereka masih kecil, Ibu mereka hingga kini tidak ketahuan rimbanya, konon sekarang di Surabaya dengan suami barunya.

Saat dititipkan kepada saya, mereka sudah 1 Semester tidak masuk sekolah dan lebih memilih mengemis di jalan yang hasilnya mereka gunakan untuk makan dan bermain Play Station.

Sang kakak cacat mata sebelah dengan tangan dan kaki yang juga sedikit gangguan, sebelum akhirnya saya ganti dengan nama yang islami, nama lahirnya adalah HOSANA DEVA. Sang adik sedikit beruntung karena memiliki fisik yang sempurna, ia bernama lahir KELVIN NAZARET.

Berangkat dari rasa penasaran pada dua nama yang agak aneh itu, saya coba Googling. Betapa kagetnya saya saat menemukan arti nama mereka berdua, karena keduanya adalah nama nasrani. HOSANA adalah doa umat kristiani yang artinya “Lindungi kami Yesus…”, sementara NAZARET adalah nama kota asal Yesus, bahkan Yesus juga sering di panggil dengan sebutan Nazaret ini.

Saya hanya merasa ANEH saja, karena mereka hidup di keluarga dan lingkungan Islam. Kalo itu hanya kebetulan, mengapa harus terjadi dua kali kebetulan, kakak beradik sama-sama memiliki nama lahir kristiani.

Beberapa temen saya saat itu berteori, ada yang berpendapat mungkin keluarga mereka pernah terserang program kristenisasi, temen yang lain bilang mungkin si ayah yang telah meninggal dunia itu memang sudah masuk Kristen.

AKHIRNYA, mereka saya khitankan dan saya ganti nama dengan IRVAN ABDURROHIM (untuk sang kakak) dan ALVIN ABDURRAHMAN (untuk sang adik), tidak lupa saya juga memesan tumpeng dan berkat serta mengundang teman2 sekolah mereka dalam acara tasyakkuran ganti nama itu.

Dan Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya juga sudah berhasil memperbaharui Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran mereka dengan nama yang baru itu.

Tiga tahun sudah, dan beberapa saat yang lalu mereka telah mengikuti ujian Nasional tingkat SD. Saya tidak tahu saat ujian itu mereka bisa mengerjakan soal-soal apa tidak, saya hanya berharap mereka lulus dengan nilai baik, supaya bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang mereka inginkan. Amiin…..

Oleh : Sholahuddin Aba Mahya

Baca Juga Dari Penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.