Cara Memilih Maskapai Penerbangan Terbaik

Pesawat sudah menjadi pilihan banyak orang untuk transportasi berbagai perjalanan, baik perjalanan pribadi maupun bisnis. Apalagi kini pesawat bukan lagi sebagai sarana transportasi yang hanya bisa dinikmati oleh masyarakat menengah ke atas. Saat ini maskapai penerbangan semakin banyak, dan rata-rata menawarkan promo tiket pesawat murah. Sehingga transportasi menggunakan pesawat bisa dinikmati juga oleh masyarakat menengah ke bawah.

tiket-pesawat-murah
Sumber gambar: m.tempo.co

Coba Anda perhatikan di beberapa online travel agent atau OTA, hampir setiap bulan terdapat promo tiket murah. Salah satunya bisa Anda browsing tiket pesawat murah Traveloka. Di online travel agent tersebut menyediakan tiket murah dari berbagai maskapai penerbangan yang bisa Anda pilih sesuai tujuan perjalanan dan budget. Masing-masing maskapai penerbangan memiliki keistimewaan sendiri.

Anda bisa melihat keterangan yang tertera di Traveloka, apa saja fasilitas maskapai penerbangan yang terdapat di online travel agent tersebut. Sebagai contoh, seperti AirAsia tidak mengenakan biaya di dalam tarip  tiket untuk fasilitas tambah makanan, bagasi ceck-in, dan pemilihan kursi, supaya harga tiket tetap murah. Atau Batik Air yang memberikan minuman, camilan dan menu utama secara gratis untuk penerbangan lebih dari dua jam bagi penumpang kelas ekonomi.

Bahkan maskapai penerbangan Lion Air, selain penumpang yang memiliki Lion Air Passport akan  mendapat prioritas ceck-in di bandara, juga menyediakan tiket gratis. Tentu saja tiket gratis tersebut memiliki syarat juga ketentuan tertentu yang berlaku. Dan banyak lagi maskapai penerbangan lainnya yang mempunyai fasilitas dan promo menarik bagi penumpang.

Namun selain berbagai fasilitas dan promo yang diberikan maskapai penerbangan, masyarakat sudah mulai sadar untuk memilih pesawat dari sisi keamanan. Meski kecelakaan dapat terjadi pada siapa saja, tetapi memilih penerbangan yang terbaik dari sisi keamanan itu sudah menjadi syarat mutlak. Memangnya seperti apa maskapai penerbangan yang terbaik itu?

online-travel-agent
Sumber gambar: tribunnews.com

Maskapai penerbangan dapat dikatakan terbaik jika sudah memenuhi standar yang dibutuhkan penumpang, yaitu fasilitas yang memberikan kenyaman, kemudahan, memberikan harga yang kompetitif, dan tentu saja memiliki jaminan keamanan bagi penupang. Jika Anda menjadikan pesawat terbang sebagai transportasi, maka secara keseluruhan, hal yang bisa jadi pertimbangan untuk memilih maskapai penerbangan yang terbaik diantaranya:

Ceck daftar hitam (black list) maskapai penerbangan

Maskapai penerbangan yang memiliki daftar hitam biasanya kurang memenuhi standar keamanan. Hanya daftar hitam dari FAA atau daftar hitam yang dibuat berdasarkan standar Pemerintah AS lebih ketat. Beberapa penyebabnya ialah, faktor penentunya tidak hanya mencakup untuk satu maskapai penerbangan saja, tetapi secara keseluruhan. Sehingga bila ada satu maskapai di sebuah negara tidak memenuhi standar FAA, maka seluruh maskapai penerbangan negara tersebut masuk dalam black list.

Lihat penghargaan atau award yang diterima maskapai penerbangan.

Penghargaan atau award merupakan kredibilitas dari maskapai penerbangan. Hal ini bisa jadi pertimbangan yang bagus, terutama penghargaan keamanan dan pelayanannya. Terlebih maskapai penerbangan yang sudah memiliki penghargaan dalam dua aspek tersebut, maka bisa dikatakan sudah bisa memenuhi apa yang Anda butuhkan. Lebih bagus lagi, kalau terdapat penghargaan lainnya, seperti pesawat murah dengan pelayanan terbaik.

Catatan Kecelakaan

Nah, ini penting sekali. Terutama bagi beberapa orang yang masih merasa takut naik pesawat karena berita kecelakaan yang cukup sering terjadi. Beberapa kasus kecelakaan pada maskapai penerbangan memang sering kali menjadi tranding topic, terlebih karena hal teknis bukan karena kecelakaan alam. Maka dari itu, sebaiknya keamanan dan pengalaman tersebut, Anda jadikan pertimbangan tersendiri. Catatan kecelakaan sebuah mskapai penerbangan bisa Anda dapat dengan browsing.

Standarisasi fasilitas dan pelayanan (servis)

maskapai-penerbangan
Sumber gambar: amazine.co

Banyak penumpang yang mengutamakan kedua hal ini ketika memilih maskapai penerbangan karena memang bisa menjadi faktor menunjang kenyamanan Anda selama dalam perjalanan. Beberapa faktor pendukungnya ialah: Makanan yang disediakan di dalam pesawat, jarak antara tempat duduk, pelayanan awak pesawat, fasilitas untuk penumpang anak-anak atau balita.

Testimoni Penumpang

Testimoni peumpang secara pribadi, biasanya info yang paling jujur dan bisa dipercaya. Anda bisa browsing, sudah banyak masyarakat yang menulis tentang pengalamannya naik maskapai penerbangan yang ditulis di sebuah blog. Bahkan, menulisnya secara detil mulai dari  pelayanan sampai citra rasa menu di pesawat. Atau testimoni cerita langsung dari seorang teman yang sudah pernah naik pesawat.

Semoga dengan memperhatikan hal-hal di atas, perjalanan Anda berkeliling Indonesia bahkan dunia dengan pesawat akan berjalan lancar sesuai tujuan. Happy traveling.

 

Baca Juga Dari Penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.