Bojonegoro Menuju Kota Mandiri

Bila menilik pada potensi lokal yang dimiliki kota Bojonegoro, aset yang dimiliki kota ini telah cukup untuk menjadikannya sebagai kota mandiri yang memiliki ketahanan di segala sektor. Sektor pertanian di kota Bojonegoro memiliki aset berharga berupa produk tembakau yang telah dikenal memiliki kualitas yang bagus. Produk tembakau dari Bojonegoro ini telah merambah pasar internasional sebagai salah satu daerah penghasil tembakau terbaik. Aset pertanian ini telah memberi banyak keuntungan untuk masyarakat disana. Kita bisa melihat hamparan kebun tembakau yang memenuhi wilayah Bojonegoro. Ini merupakan wujud perhatian pemerintah setempat dalam menggiatkan produk pertanian yang satu ini.

Ketahanan pangan bagi kota Bojonegoro telah mencapai tingkat yang cukup maksimal berkat berbagai produk pertanian yang mereka kembangkan. Disamping tembakau kota ini juga telah mulai membudidayakan produk pertanian lannya seperti buah belimbing dan salak. Bila dicermati secara seksama pengembangan lahan pertanian di kota Bojonegoro dapat memberi andil besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di kota tersebut. Sektor lainnya yang merupakan potensi lokal yang dimiliki kota Bojonegoro adalah aset wisata yang cukup menarik. Ada beberapa tempat di kota ini yang merupakan tujuan wisata yang cukup potensial. Pemerintah daerah setempat harus bekerja keras bersama dengan masyarakat untuk memajukan aset wisata ini sehingga akan menjadi tujuan wisata yang diperhitungkan.

Iklim sejuk yang dimiliki kota ini cukup menguntungkan untuk pengembangan sektor pertanian,perkebunan dan juga sektor wisata. Bila masyarakat kota Bojonegoro cukup jeli dalam memadukan sektor pertanian dan aset wisata yang akan memberi peluang besar dalam mendatangkan pendapatan baik bagi pemerintah maupun keuntungan bagi masyarakat. Sektor pertanian tersebut bisa dijadikan peluang agrowisata untuk menarik para wisatawan berkunjung ke daerah tersebut. Bojonegoro akan menjadi kota yang mandiri dalam berbagai sektor yang dikelolanya bila penataan dan pemeliharaan dari berbagai bidang dibenahi secara serius. Bidang ekonomi di kota bojonegoro telah mulai meningkat dengan berbagai sektor yang dikelola secara optimal. Ini juga tak luput dari peran dan andil masyarakat yang bekerja keras membangun kota Bojonegoro. (Irone Mutakin)

Baca Juga Dari Penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.