Bangunan Belanda di Bojonegoro

Bojonegoro ternyata masih menyimpan tinggalan masa kolonial yaitu berupa bangunan-bangunan yang memiliki arsitektur khas Belanda. Bangunan-bangunan tersebut berada di kecamatan Padangan, kurang lebih 30 km arah barat kota bojonegoro.

Sebagian bangunan-bangunan tersebut masih ada pemiliknya, akan tetapi keadaannya tak terawat dengan baik. Bahkan bangunan seperti gambar di samping kabarnya akan dijual oleh pemiliknya.

Jika kita sedikit melihat ke bagian dalam dan belakang bangunan itu sungguh menarik. Masih terdapat pilar-pilar besar di depan pintu masuk, sedangkan di bagian belakang terdapat bangunan yang berbentuk kotak dan tinggi seperti loteng tapi masih belum diketahui fungsinya. Bangunan ini juga dihiasi dengan motif-motif yang indah, tapi jika dibiarkan tak terawat keindahannya pun lambat laun akan luntur dan hilang.

Selain itu terdapat pula bangunan besar yang katanya dulu adalah bekas rumah sakit. Bangunannya juga tak kalah unik begitu juga dengan motif-motifnya yg masih terlihat jelas dan indah.

Termasuk kantor pegadaian yang ada di kecamatan Padangan hingga saat ini masih dipertahankan keasliannya meski pernah dilakukan renovasi, dan tentunya masih digunakan pula sebagai kantor pegadaian. Sebagian bangunan masih digunakan sebagai toko kelontong oleh masyarakat setempat. Akan tetapi beberapa bangunan sudah tak terawat keadaannya. Sebenarnya bangunan-bangunan tersebut butuh perhatian dari pemerintah daerah dan kita semua yang peduli dengan sejarah masa lalu agar keberadaanya akan tidak hilang begitu saja.

Baca Juga Dari Penulis

Comments

Loading...