Ajak Siswa Perangi Hoax, RTIK Bojonegoro Gelar Sosialisasi di SMPN 1 Gayam

Akhir-akhir ini, terjadi kasus penyebaran ujaran kebencian yang dilakukan di media sosial (medsos) hingga membawa pelakunya harus meringkuk di jeruji besi. Oleh sebab itu, dibutuhkan bagaimana cara berinternet yang sehat dan cerdas bermedia di era digital. Hal itulah, yang membuat Humas Polres Bojonegoro, turut menyampaikan seruan agar para pengguna medsos selalu berhati-hati saat bersosial media.

Hal itu, seperti dengan kegiatan yang digelar RTIK (Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi) yang disponsori EMCL (Exxonmobil Cepu Limited) di SMP Negeri 1 Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (7/8/2017). Dalam kegiatan tersebut, Polres Bojonegoro melalui Kasubbag Humas AKP Mashadi,SH, menyampaikan seruan tentang bagaimana mencegah terjadinya kejahatan di dunia maya dan bagaimana cara bermedia sosial yang sehat.

Dalam materinya, Kasubbag AKP Mashadi,SH, lebih lanjut menyampaikan, bahwa dalam era digital ini, para pengguna medsos harus tetap memperhatikan etika dalam bermedsos agar terhindar dari kejahatan di dunia maya tersebut.

“Selaku pengguna atau user, pastilah sangat rentan sekali terpengaruh isu SARA, berita HOAX maupun ujaran kebencian lainnya. Kalau kita tidak pandai menilai hal tersebut, maka kita akan termakan oleh kejahatan dunia maya itu,” tutur Kasubbag Humas Polres Bojonegoro AKP Mashadi,SH, Senin (7/8/2017).

Masih menurut Mashadi, pihaknya berharap kepada seluruh murid yang hadir dalam kegiatan tersebut, agar selalu berhati-hati di setiap akan mengaplouad sesuatu. Baik itu berupa tulisan, gambar maupun video. Jangan sampai apa yang menurut kita itu hal biasa, akan menjadi luar bisa di dunia maya hingga menjadi viral dan membuat pelakunya harus berurusan dengan hukum, karena dalam applaud dikategorikan terdapat unsur penyebaran ujaran kebencian.

Ditamhbahkannya, saat ini Polres Bojonegoro telah membentuk Tim Cyber Troops. Dimana, tugas mereja adalah melakukan patroli di dunia maya. Sehingga, bila ada kejahatan di dunia maya, bisa dengan cepat bisa diketahui dan segera di tindak lanjuti.

“Memang, saat ini Tim Cyber Troops belum resmi di launching, akan tetapi tim ini sudah bekerja keras untuk melaksanakan tugasnya dalam berpatroli di dunia maya. Hal itu terbukti, dengan adanya beberapa kasus juga sudah berhasil kita tindak lanjuti para pelakunya,” imbuh pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Baureno itu serius.

Kegiatan Sosialisasi Internet sehat, cerdas bermedia sosial di era digital itu, dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Drs. Hanafi, MM, Kepala Sekolah SMPN 1 Gayam Wahyudi, S.pd, M.pd, PGA Exxon mobil Galih Tiara serta Siswa Siswi SMPN 1 Gayam sebanyak 132 Murid. Kegiatan berjalan dengan baik dan berjalan lancar.

Baca Juga Dari Penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.